Rasulullah Muhammad SAW. Sang Entrepreneur Sejati

Rasulullah Muhammad SAW. Sang Entrepreneur Sejati

Entrepreneur adalah sebuah kekuatan yang dikembangkan oleh Rasulullah SAW. seorang entrepreneur itu tidak mengenal situasi rumit, melainkan situasi itu bisa diatasi dan menghasilkan banyak manfaat. dan Rasulullah Saw. adalah orang yang memiliki jiwa entrepreneur yang baik dan sempurna.

-K.H. Abdullah Gymnastiar

Pada umur 8 tahun 2 bulan Muhammad muda sudah hidup mandiri dari jerih payahnya sebagai pengembala kambing. dan itu terus berkembang hingga ia berusia 12 tahun. dan tepat usia 12 tahun itulah,. Muhammad muda sudah melakukan perjalanan sebagai kafilah pedagang. ia  untuk pertama kalinya melakukan perjalanan dagang ke luar negeri (syiria). dan setelah itu ia sering melakukan perniagaan ke luar negeri, seperti ke lebanon, yaman, dan jorash. yang jelas antara kurun waktu 13 tahun (sejak usia 12 sampai 25 tahun), Muhammad muda telah melakukan 18 kali perjalanan ke luar negeri dengan membawa keuntungan yang luar biasamelimpah. Bisnisnya maju pesat. Tersohorlah ia kemudian sebagai eksekutip muda berbakatyang memiliki kredibilitas di atas rata-rata. dikalangan jazirah arab saat itu, beredar buah bibir (word of mounth),  Muhammad sang terpercaya dengan gelar Al-Amiin, atau sebut saja untuk kontekx sekarang ini adalah “Mr. Trusty”

bahkan di kemudian hari, Muhammad muda malah menerima ajakan nikah siti Khadijah, Tak tanggung-tanggung, saat prosesi akad nikah, untuk sang kekasih tercinta siti khadijah, memaharinya dengan 20 ekor unta terbaik yang ada saat itu. bayangkan, kalau harga satu unta saja kita taksir 4 juta rupiah (asumsi satu ekor sapi termurah) , maka berapa mahar yang diberikan Muhammad muda pada istrinya siti khadijah. Fantastik. 80 juta rupiah. itu baru maharnya saja belum yang lainnya. saya kira, hanya pemuda kaya saja yang mampu memberikan mahar sebanyak itu. dan Panutan kita, Muhammad saw, telah menunjukkan kepada kita, betapa kaya ityu tidak hina malah mulia.

di ats semua itu yang perlu digaris bawahi di sini adalah cara Muhammad menjadi kaya, ya, cara beliau kaya ternyata benar-benar berangkat dari nol, dari kerja keras, dari kepercayaan yang dikumpulkan nya sedikit-demi sedikit, dari keuletan luar biasa, dari kesunguhananya tanpa mengenal menyerah dan putus asa.dengan begitu, kekayaan Muhammad bukan karena warisan.

dalam dunia bisnis, sifat-sifat yang ada pada Muhammad sesungguhnya merupakan aset yang tiada nilainya, kejujurannya, kepribadiannya yang menyenangkan, juga ketekunannya, semua itu merupakan pilar-pilar utama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur.

Sebagai pelaku bisnis dan juga seorang Rasul. Muhammad SAW. tak henti-hentinya menghimbau umatnya untuk berwirausaha guna mencari rizki Allah yang halal. Islam mengajarkan bahwa rizki tak bisa ditunggu, tapi, rizki harus dicari, atau lebih pasnya, dijemput. Tuhan menurunkan rizkisesuai dengan usaha yang dilakukan manusia. seberapa besar manusia mencurahkan pikiran dan tenaga, sebesar itu pula Tuhan menurunkan karunianya. Dalam surat Al-jumuah ayat 10 Allah berfirman:

Apabila telah ditunaikan shalat maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung

mencermati kata per kata dari ayat di atas, maka kita akan menemukan dua kata kunci yang teramat penting, “bertebaranlah” dan “carilah” .

“bertebaranlah” sesungguhnya bisa diartikan dengan membangun jaringan yang bisa ditemukan dimana- mana. misalnya di internet, tempat perkumpulan atau lainnya.  sedangkan “carilah” bisa diartikan dengan sebuah riset yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis atau pekerjaan. terlebih pada sebuah produk baru..

dikutip: 14 langkah bagaimana Rasulullah SAW,  membangun kerajaan bisnis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s