apa itu makna pendidikan : kutipan 3 idiots

Tidak perlu menjadi Kaya dan nomor #1, keinginan tersebut hanya akan jadi penjara. tidak perlu membuat peringkat dan tidak perlu mengumumkan nilai, yang sekaligus mengumumkan kelemahan orang lain

lab

 

pendidikan formal bukan segala-galanya, yang secara tidak langsung menina-bobokan potensi dalam diri anda, mendikte dan menghukum anda dengan nilai-nilai, nilai2 lah yang akan seringkali memperlakukan anda, seolah-olah nilai anda lah sebagai penentu hidup anda,

3-idiots-15a

 

untuk belajar di sekolah saja tidak akan pernah cukup, apalagi sebatas ditentukan dengan nilai-nilai. Dengan kompetisi ini pula, para mahasiswa pada akhirnya hanya akan memfokuskan diri untuk meraih  nilai terbaik tanpa mencari ilmu yang sebenarnya. Sistem pendidikan yang membunuh kreativitas dari peserta didik dan hanya mementingkan kompetisi untuk merebut nilai dan kelulusan itu merupakan hal yang keliru. Hal ini akan sulit untuk mengharapkan munculnya inovasi dan ide-ide baru dari mahasiswa, karena mereka akan menjadi mahasiswa penurut seperti robot.

education

Prinsip kompetisi ini sudah ditanamkan kuat-kuat di dalam pikiran mahasiswa sehingga akhirnya mereka hidup hanya untuk mengejar nilai, pekerjaan, dan gaji tinggi tanpa pernah memahami makna pendidikan yang sesungguhnya.

Rancho pernah berkata bahwa “Jangan belajar untuk menjadi sukses, tapi untuk membesarkan jiwa dan jadilah orang besar, maka kesuksesan akan mengikutimu”. Pendapat tersebut saya rasa memang benar, belajar memang bukan hanya untuk diri sendiri, namun harus digunakan dan bermanfaat bagi orang lain dalam kehidupan masyarakat.

 

Namun, sebagian besar dalam pikiran mahasiswa adalah kuliah untuk mendapatkan nilai dan ijazah yang pada akhirnya digunakan untuk mencari pekerjaan. Sebaliknya, Rancho menganggap bahwa kuliah hanya sarana untuk belajar dan mencari ilmu bukan digunakan untuk mencari pekerjaan nantinya. Hal itu berbeda dengan zaman sekarang ini yang menganggap bahwa kuliah hanyalah sarana untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, sehingga banyak sekali mahasiswa yang setelah lulus lalu menganggur karena mereka tidak memikirkan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.

sukses

film ini juga mengandung makna tentang metode pembelajaran yang keliru, namun saat ini banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Misalnya saja dengan menerapkan metode menghafal sama persis seperti yang tertera dalam buku. Kebanyakan pembelajaran sekarang malah lebih menekankan apa yang tertulis dalam buku, jadi ketika jawaban tidak sama persis dengan buku maka akan dianggap salah atau menyimpang walaupun memang maknanya sebenarnya sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s